Amandirumah-Banner-Katadata-Truk-C1-1024x264
Sabtu, 1 Mei 2021
Amandirumah-Banner-Katadata-Truk-C1-1024x264

Bersih-bersih di Pantai Bahari Polman, Komunitas Laut Biru Kumpulkan 1 Ember Puntung Rokok

WhatsApp Image 2020-10-03 at 17.58.12

Foto: Komunitas Laut Biru kumpulkan satu ember puntung rokok

JOURNALPOLMAN, POLEWALI – Dalam waktu 30 menit, sejumlah anak-anak berhasil mengumpulkan satu ember penuh puntung rokok yang bertebaran di Pantai Bahari Polewali Mandar, Sulawesi Barat.

Hal itu dilakukan pada kegiatan Snorclean yang diprakarsai Komunitas Laut Biru bekerjasama Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Polewali Mandar, Sabtu (3/10) pagi.

Ketua Komunitas Laut Biru Putra Ardiansyah mengatakan, puntung rokok yang berhasil terkumpul, merupakan rangkaian acara Snorclean yang melibatkan anak-anak dalam lomba membersihkan pantai, khusus memungut puntung rokok.

Sedikitnya sekitar satu ember puntung rokok berhasil dikumpulkan dari berbagai merek, yang diduga dibuang oleh pengunjung pantai.

“Puntung rokok ini sengaja dibuang oleh pengunjung ke pantai selama ini, tanpa mereka sadari akan mencemari lingkungan karena ukurannya kecil namhn sangat mencemari lingkungan,” ungkap Ardiansyah.

Putra Ardiansya lanjut menjelaskan, sepanjang pantai bahari sudah tidak ditemukan lagi adanya kepiting pantai dan tumbuhan pantai lainnya, akibat dari puntung rokok itu.

“Kita bisa lihat sendiri, sepanjang pantai ini tidak ada lagi kepiting yang bisa hidup, itu karena zat yang dihasilkan puntung rokok sangat berdampak pada kelangsungan hidup kepiting pantai dan tumbuhan pantai lainnya,: Jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kabupaten Polewali Mandar, Hikmah, mengatakan, sampah puntung rokok ini masuk kategori sampah residu, atau jenis sampah yang tidak bisa di daur ulang lagi, dan sifatnya sangat berbahaya bagi lingkungan dan kesehatan.

SEBARKAN

Aman-di-rumah
0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x