OPINI: Potret Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut di Masa Pandemi

Pelayanan poli gigi dan mulut di kedua fasilitas kesehatan tersebut tetap berjalan dengan protokol kesehatan yang ketat. Meskipun dari berbagai curhatan Teman Sejawat di grup-grup medsos, keterbatasan APD semisal Masker N95 sampai sekarang belum bisa teratasi di level Fasilitas kesehatan tersebut.

Beberapa sejawat akhirnya memilih merogoh kocek pribadi untuk pengadaan Masker N95 dan APD lainnya. Demi membentengi diri untuk keluarga yang menunggu di rumah.

Segelumit masalah diatas sebenarnya bisa kita cegah dengan membiasakan pola hidup sehat untuk memutus mata rantai penularan Covid 19.

Makan makanan sehat bergizi, istirahat yang cukup 6-8 jam sehari, berolahraga minimal 30 menit sehari 3-5 hari sepekan, tidak merokok, tidak mengkonsumsi minuman Alkohol, dan membiasakan diri berpikiran positif, serta yang tidak kalah pentingnya menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi (Pakai Masker, Rutin mencuci Tangan, dan menjaga jarak)

Pada akhirnya kami mengajak setiap pembaca untuk senantiasa menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan rajin menggosok gigi dua kali sehari, menggunakan dental floss untuk membersihkan sela-sela gigi, dan menggunakan obat kumur sesuai anjuran jika diperlukan.

Meskipun pelayanan Praktik/Poli kesehatan gigi dan mulut kembali dibuka, kami sebagai operator bisa membentengi diri dengan APD yang lengkap. Namun resiko penularan antar pasien yang silih berganti masuk ke ruang tindakan tentu tidak bisa ditakar.

Salam sehat negeriku.. segeralah membaik..

 

Editor: Samuel M

Pos terkait