Misteri “Sa’hambulu,” Mitos di Balik Keindahan Air Terjun Sambabo

Foto: Ist/Keindahan air terjun Sambabo yang menyimpan cerita mistis

JOURNALMAMASA, BAMBANG – Keindahan setiap objek wisata air terjun memang selalu mampu menghipnotis siapapun pengunjungnya.

Derasnya aliran air yang jernih nan indah dikelilingi pepohonan besar yang asri serta menenangkan, menjadi alasan banyak orang sengaja mendatangi air terjun.

Bacaan Lainnya

Selain menjadi objek wisata, ada beberapa orang yang menganggap air terjun sebagai tempat keramat, lantaran memiliki cerita misteri atau legenda mistis di baliknya.

Salah satunya yakni air terjun Sambabo. Air terjun Sambabo begitu ia disebut, keindahanya bak sepotong surga di ujung Bumi Pitu Ulunna Salu Kondosapata Uai Sapalelan (julukan Kabupaten Mamasa).

Air terjun sambabo adalah keindahan abadi tiada tara, terletak di lereng hutan Sambabo (pangngala’ sambabo), di Desa Ulumambi Barat, Kecamatan Bambang Kabupaten Mamasa, Provinsi Sulawesi Barat.

 

Keindahan Air Terjun Sambabo dari kejauhan

 

Air terjun ini sudah sejak lama menjadi wisata primadona di Sulawesi Barat khusunya, sebab Sambabo satu-satunya air terjun tertinggi di Pulau Sulawesi.

Menurut riset yang pernah dilakukan Kementerian Pariwisata, air terjun indah itu bertingkat tiga dengan ketinggian kurang lebih 300 M.

Keindahannya menjadi incaran wisatawan, baik wisatawan domestik, maupun wisatawan mancanegara.

Karenanya, hampir setiap pekan masyarakat dari berbagai daerah datang mengunjungi tempat yang indah itu, sekedar untuk berfoto bersama teman dan keluarga.

Pos terkait