Harga Ikan Segar di Pasar Tradisional Topoyo Mahal Gegara Cuaca Buruk, Warga Pilih Beli Ikan Asin

Gambar: Rosna, Warga Mamuju Tengah saat Ditemui di Pasar Tradisional Topoyo

Harga Ikan Segar di Pasar Tradisional Topoyo Mahal, Warga Pilih Beli Ikan Asin

JOURNALINVESTIGASI.COM, MAMUJU TENGAH – Cuaca buruk berupa angin kencang dan gelombang tinggi yang melanda wilayah Mamuju Tengah memicu naiknya harga ikan di pasar Tradisional Topoyo.

Salah satu penjual ikan, Basri mengaku kenaikan harga sudah terjadi hampir sepekan lalu.

Bacaan Lainnya

“Selama cuaca buruk melanda, hasil tangkapan berkurang sehingga memicu kenaikan harga ikan di pasar, ” Kata Basri saat ditemui di Pasar Tradisional Topoyo, Jumat (6/1/2023).

Harga ikan ukuran kecil, seperti layang, cakalang dan Katombo sebelumnya Rp 20 ribu per tempat dengan isi 5 hingga 6 ekor, sekarang Rp 20 ribu per tempat dengan isi 2 hingga 3 ekor.

Sementara untuk ukuran sedang di harga Rp 10 ribu hingga 25 ribu per ekor.

Sedangkan ikan jenis manori di harga 25 hingga 30 ribu ribu per ikat sebelumnya diharga Rp 20 ribu.

Menurut Basri, kenaikan harga ikan ini sudah berlangsung sejak hampir sepekan lalu berupa angin kencang dan gelombang tinggi.

“Nelayan yang turun melaut juga sangat terbatas. Para nelayan yang memiliki armada perahu yang cukup besar masih bisa melaut, sedangkan nelayan yang hanya memiliki perahu katingting memilih tidak melaut karena takut, ” Ungkap Basri

Sementara itu, akibat tinggi harga ikan segar dipasaran, warga lebih memilih membeli ikan asin.

“Selama ikan mahal pak saya lebih memilih ikan asin, harga lebih terjangkau dan bisa di konsumsi lebih lama, ” Kata Rosna saat ditemui di Pasar Tradisional Topoyo, Jumat (6/1/2023).

Pos terkait