LBH Kondosapata’ lulus verifikasi

JOURNALINVESTIGASI.COM – Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Kondosapata’ Kabupaten Mamasa, dinyatakan lulus verifikasi oleh Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham) RI, wilayah Hukum Provinsi Sulawesi Barat. Jumat, (31/12/2021).

 

Berdasarkan Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Republik Indonesia, Nomor: M.HH-02.HN03.03 2021, sejumlah Organisasi Bantuan Hukum (OBH) yang dinyatakan lulus dengan predikat A dan C yang tersebar di kabupaten/Kota di seluruh wilayah NKRI sebanyak 619 Organisasi

 

Untuk Provinsi Sulawesi Barat sendiri, beberapa OBH/LBH yang dinyatakan lulus verifikasi periode: 2022 s/d 2024 diantaranya:

  1. YLBH Sulawesi Barat (Polman)
  2. LBH Keadilan Sulawesi barat (Mamuju).
  3. LBH Citra Justitia (Mamuju)
  4. LBH Mandar Yustisi (Mamuju)
  5. LBH Kondosapata’ (Mamasa)
  6. LBH Pasangkayu (Mamuju Utara).

 

Sebelumnya diketahui, hanya ada 4 LBH  di Sulbar yang  terakreditasi periode 2018 s/d 2021 yakni LBH Citra Yustitia Sulawesi Barat, Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Sulbar, Lembaga Bantuan Hukum Mandar Yustisi, dan Lembaga Bantuan Hukum Keadilan Sulawesi Barat.

 

Verifikasi dan Akreditasi lembaga/organisasi bantuan hukum di Kemenkumham RI, dilaksanakan 1 kali dalam tiga tahun, dengan tahapan sebagai berikut : Penjaringan LBH, Pendaftaran di aplikasi Sidbankum, Pemeriksaan Administrasi, Pemeriksaan Dokumen Fisik, Pemeriksaan Faktual Lapangan dan Penetapan Akreditasi.

 

Kepala Kantor Wilayah Hukum dan Ham Sulawesi Barat, H.Anwar  yang dihubungi via telpon menuturkan, dengan bertambahnya LBH terakreditasi di Sulawesi barat akan semakin memudahkan masyarakat miskin yang berhadapan hukum mendapatkan bantuan hukum cuma-cuma.

Pos terkait