Didampingi Wabup Mamasa, BNPB Tinjau Dampak Bencana di Messawa

Foto: BNPB Tinjau Dampak bencana di Mwssawa

JOURNALMAMASA, MESSAWA – Kasubdit Pemulihan Prasarana Vital BNPB Pusat, Roslin Lamtarida, meninjau lokasi bencana di Desa Rippung, Kecamatan Messawa, Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat, Kamis (15/10/2020) pagi hinga sore tadi.

Roslin Lamtarida, didampingi Wakil Bupati Mamasa, Martinus Tiranda beserta Dandim 1428 Mamasa, Letkol Inf Stevi Palapa.

Bacaan Lainnya

Dalam kunjungannya itu, BNPB meninjau sejumlah titik, akses jalan dan jembatan yang terdampak bencana longsor dan banjir pada Kamis (8/10/2020) lalu.

Sebelumnya, 3 dusun di desa itu sempat terisolir pasca bencana longsor di sejumlah titik akses jalan.

Namun setelah di swadaya oleh warga dan aparat TNI setelah empat hari, akses jalan sudah bisa dilalui kendaran roda dua.

Terkait kondisi itu, Roslin Lamatirda mengatakan, setelah mendapat informasi bahwa terdapat beberapa desa di Mamasa dinyatakan tanggap darurat pasca diterjang longsor, ia langsung diperintahkan untuk melakukan peninjauan.

Karenanya kata dia, pihaknya melakukan pendampingan untuk pengusulan program pemulihan pasca bencana.

“Jadi kita dampingi untuk membuat proposal,” ungkap Roslin Lamatirda, sore tadi.

Menurut dia, dari hasil pantauan, ada beberapa titik ruas jalan dan jembatan yang cukup urgen untuk dibenahi.

Dengan begitu, ia meminta agar pihak pemerintah daerah sesegera mungkin membuat proposal, untuk diajukan ke pihak Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Senada itu, Wakil Bupati Mamasa, Marthinus Tiranda mengungkapkan, pasca banjir, akses menuju 3 dusun di Desa Rippung, sangat membutuhkan penanganan lebih lanjut.

Pos terkait