Festival Sandeq 2022, Pemberangkatan Passandeq ke Pulau Ambo Ditunda, Akmal: Utamakan Keselamatan

Foto: Pj Gubernur Sulbar, Akmal Malik, saat memantau persiapan pemberangkatan peserta festival sandeq

Festival Sandeq 2022, Pemberangkatan Passandeq ke Pulau Ambo Ditunda, Akmal: Utamakan Keselamatan

JOURNALINVESTIGASI.COM, MAMUJU – Sedianya, pemberangkatan Passandeq (Nakhoda perahu sandeq), peserta festival sandeq Sulawesi Barat (Sulbar) 2022, dijadwalkan hari Ini, Minggu (4/9/2022).

Namun berbagai pertimbangan pihak panitia, maka pemberangkatan Passandeq, ditunda dan dijadwalkan pada Senin (5/9/2022).

Bacaan Lainnya

PJ. Gubernur Sulbar, Akmal Malik mengatakan, Panitia masih fokus melakukan pengecekan.

Kata dia, masih terdapat beberapa perahu yang belum siap, termasuk keperluan bahan bakar perahu ‘pattonda’ (pendamping passandeq).

“Kita pemerintah dan juga panitia pastinya ingin event ini sukses tapi salah satu indikator suksesnya ini adalah kita tidak ada yang rusak dan kecelakaan.

Jadi faktor keamanan dan keselamatan adalah hal yang paling utama, dan itu sangat tergantung pada kesiapan dan kondisi para passandeq,” ujar Akmal ditemui di lokasi pemberangkatan Passandeq Jalan Arteri Mamuju, Minggu, (4/9/2022) pagi tadi.

Akmal Malik menjelaskan, rencananya akan berangkat Senin, 4 September pukul 09.00 Wita.

Namun, kata dia, ketika masih ada satu saja yang belum siap, tetap saja pemberangkatan ditunda.

Sementara itu, Panitia Festival Sandeq, Ridwan Alimuddin membeberkan, sebenarnya rencana awal pemberangkatan pada 04.00 WITA dinihari.

Namun, kondisi cuaca yang menjadi kendala mendata dan mengecek perahu sandeq maupun perahu pattonda, sehingga bergeser ke pukul 09.00 WITA.

Tetapi, hingga pukul 09.00 peserta belum siap.

Pos terkait