Jalin Kerjasama, Bupati Mamasa dan Direktur Politeknik Pariwisata Makassar Teken MoU

Jalin Kerjasama, Bupati Mamasa dan Direktur Politeknik Pariwisata Makassar Teken MoU

JOURNALMAMASA, MAMASA – Guna meningkatkan pengembangan pariwisata, Pemerintah Daerah Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat, jalin kerjasama dengan Politeknik Pariwisata Makassar, Sulawesi Selatan.

Kerjasama itu dituangkan dalam nota kesepahaman atau Memorandum Of Understanding (MoU) dengan Nomor 556/012/DISPAR/ll/2021 yang ditandatangani oleh Bupati Mamasa, H Ramlan Badawi dan Direktur Politeknik Pariwisata Makassar, Muhammad Arifin.

Penandatanganan itu berlangsung di salah satu hotel di Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (19/2/2021) siang tadi.

Pada kesempatan itu, Bupati Mamasa, H Ramlan Badawi, menyampaikan, Mamasa satu-satunya kabupaten yang ada di Sulbar, yang letak geografisnya berada di pegunungan dan secara kebetulan satu hamparan dengan Tana Toraja, Sulawesi Selatan, yang telah lebih dulu maju di bidang pariwisata.

Meski begitu, Mamasa kata dia, juga memiliki banyak potensi wisata alam yang bisa dikembangkan, salah satunya wisata pemandian air panas.

Selain potensi wisata, Mamasa juga memiliki komoditas andalan, yakni pertanian kopi.

Ramlan menyebutkan, di Mamasa terdapat lebih dari 100 objek wisata, namun tak satupun yang dikelola secara maksimal.

Tetapi jika dikelolah secara maksimal menurut dia, potensi yang dimiliki oleh Mamasa, bisa bersaing dengan daerah lain.

Karenanya, melalui kerjasama yang dijalin dalam hal pendidikan dan pelatihan sumber daya manusia, penelitian, pengabdian pada masyarakat dalam pengembangan pariwisata dan kepariwisataan serta pendamping pemberdayaan masyarakat, dapat meningkatkan pengembangan pariwisata.

Pos terkait