PENGUMUMAN: KPU Mamasa Umumkan DCT Pileg DPRD Mamasa Periode 2024-2029

Logo Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mamasa

KPU Mamasa Umumkan DCT Pileg DPRD Mamasa Periode 2024-2029

JOURNALINVESTIGASI.COM, MAMASA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat (Sulbar), mengumumkan daftar calon tetep (DCT) pemilihan legislatif DPRD Kabupaten Mamasa periode 2024-2029.

Pengumuman ini dilakukan setelah penetapan DCT pada rapat pleno yang di gelar di kantor KPU Mamasa, di Desa Rambu Saratu, Kecamatan Mamasa, dihadiri beberapa perwakilan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Bacaan Lainnya

Ketua KPU Mamasa, Sumarlin, mengatakan proses penetapan DCT telah dilakukan, selanjutnya akan diumumkan ke publik jumlah DCT yang telah ditetapkan.

Disebutkan Sumarlin, dari hasil verifikasi ada dua nama yang sebelumnya masuk dalam daftar calon sementara (DCS), mengalami perubahan karena pindah partai.

Kendati dua nama itu alami perubahan, namun telah dilakukan upaya klarifikasi sehingga dianggap tidak lagi ada masalah. Di mana dalam aplikasi sistem informasi calon ada fitur yang mengharuskan verifikasi secara langsung.

Dengan ditetapkannya DCT ini, maka tidak adalagi kesempatan perbaikan. Sehingga dari hasil DCT itulah nantinya yang akan dimuat dalam surat suara.

“Jadi tidak ada lagi perbaikan. Semua sudah diverifikasi termasuk kesalahan penulisan nama sudah dikroscek sehingga semuanya dinyatakan final,” ungkap Sumarlin, dikonfirmasi Jumat 3 November 2023.

Selanjutnya, KPU Mamasa akan membawa DCT ini ke KPU RI, untuk pencetakan surat suara.

Adapun jumlah calon legislatif DPRD Mamasa yang akan berkompetisi pada Pemilu 14 Februari 2024 mendatang yakni sebanyak 331 calon. Dari total 331, terdapat empat calon yang dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS), yakni dua calon dari partai PBB dan dua calon dari partai PSI.

Pos terkait