ADVERTORIAL: Terima Laporan Warga, Yakub Solon Tinjau Bangunan TPA Mubazir di Mamasa

Pj. Bupati Mamasa, Yakub F. Solon (kaos putih) saat meninjau TPA di Tandukkalua/foto:Nisan

JOURNALINVESTIGASI.COM, MAMASA¬†– Penjabat (Pj) Bupati Mamasa Dr. Yakub F Solon meninjau bangunan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di Desa Salurano, Kecamatan Tandukkalua’, Jumat (1/12/2023).

TPA Sampah yang dibangun pada tahun 2015 dari anggaran Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup (KLHK) itu tampak seperti “rumah hantu” yang tidak berpenghuni.

Ironisnya, bangunan tersebut begitu megah dangan berbagai peralatan tergolong modern yang bisa mengola limbah sampah.

Bacaan Lainnya

Sementara, TPA yang ada di Desa Melanggkena Padang, Kecamatan Sespa telah menjadi buah bibir masyarakat untuk segera dipindahkan.

Dikonfirmasi di lokasi TPA Sampah Desa Salurano, Yakub F Solon mengatakan, kehadirannya melihat langsung kondisi TPA Sampah ini karena mendengar keluhan masyarakat yang disampaikan melalui anggota DPRD Mamasa.

“Beberapa kali pihak dewan mengeluhkan kondisi penampungan Sampah yang sudah meresahkan warga di Desa Melangkena Padang untuk segera dipindahkan ketempat yang lebih baik yang ada di TPA Sampah Desa Salurano dan ternyata benar bahwa TPA Sampah ini lokasinya dan bangunan sangat bagus hanya saja tidak ada rawat selama ini,” kata Yakub.

Dikatakan, sesudah melakukan peninjauan lokasi dan bangunan TPA Sampah ini akan dilanjutkan dengan rapat bersama beberapa OPD terkait untuk mengupayakan pembenahan.

“Sebentar kami akan rapat dengan beberapa OPD seperti, PUPR, Lingkungan Hidup dan Kebersihan, Perumahan dan Badan Pengelola Keuangan Daerah untuk secepatnya melalukan pembenahan. Kita harus benahi lalu kita pindahkan penampungan Sampah ke tempat ini,” ungkapnya.(*)

Pos terkait