Cegah Stunting, Babinsa Kodim 1428 Mamasa Aktif Pendampingan di Posyandu

Gambar: Serda Sulaiman dampingi warga lakukan pemeriksaan di posyandu

Cegah Stunting, Babinsa Kodim 1428 Mamasa Aktif Pendampingan di Posyandu

JOURNALINVESTIGASI.COM, MAMASA – Pos Pelayanan terpadu (Posyandu) merupakan tempat pemeriksaan kesehatan balita pertama yang dilakukan di tingkat desa.

Kegiatan tersebut dilakukan setiap sebulan sekali, meliputi penimbangan balita, pemberian vitamin A, pemeriksaan ibu hamil dan lainnya.

Bacaan Lainnya

Guna memastikan warga mendapatkan pelayanan pada Posyandu dengan baik, Babinsa Koramil 1428-04/Pana, Serda Sulaiman aktif mendampingi warga.

Seperti yang dilakukan pada kegiatan posyandu, di Pustu Desa Weri, Kecamatan Pana Rabu, (08/03/2023)

Serda Sulaiman mengatakan, pendampingan itu dilakukan agar memastikan setiap anak mendapatkan pelayanan yang sama sehingga terhindar dari stunting.

Sebab di Posyandu bukan hanya terkait vaksinasi pada balita, namun juga melaksanakan pemeriksaan perkembangan anak.

“Di posyandu juga dimanfaatkan untuk memantau tumbuh kembang anak. Seperti mengukur berat badan, tinggi badan, dan lingkar kepala anak diukur untuk mendeteksi sejak dini, jika terjadi hal-hal tidak diinginkan seperti kekurangan gizi atau stunting,” ujarnya.

Di kesempatan itu, Sulaiman juga meminta kepada ibu anak agar semua balita rutin mengikuti pemeriksaan di Posyandu hingga berusia 5 tahun.

“Posyandu ini berlaku bagi anak hingga usia 5 tahun, sebab jika tidak, dikhawatirkan tumbuh kembang anak serta pemenuhan gizinya tidak dapat terpantau dengan baik,” tandasnya.

Menurut Sulaiman dengan adanya Posyandu, diharapkan anak-anak bisa tumbuh besar dengan status kesehatan yang bagus.

Pos terkait